JADWAL IMSAK DKI JAKARTA

Minggu, 25 Juli 2021

Kenangan Masa Kecil Robby Purba Berpuasa  

Reporter :

Editor : Hadriani Pudjiarti


Senin, 22 Juli 2013 14:47 WIB

Robby Purba. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Selalu ada kenangan manis saat mengenang masa-masa kecil berpuasa. Presenter X-Factor Indonesia, Robby Purba, misalnya, ia mengenang sedikit kebandelan yang pernah dilakukannya saat berpuasa di kampung halamannya.

Saat ditemui usai berbuka di Gandaria City, Robby bercerita, "Dulu, gua pas puasa lemparin mercon ke rumah orang. Habis sahur sudah salat Subuh keliling kampung sama temen-temen. Istilahnya maraton, tapi bawa mercon, lewat rumah lempar, pas bunyi langsung kabur," kenangnya seraya tertawa.

Selain bercerita tentang kejahilannya tersebut, Robby pun mengisahkan bagaimana dia bersemangat untuk berpuasa karena diiming-imingi hadiah jika puasanya penuh. "Kalau puasa dari kecil diajarin almarhum Bokap. Sama Nyokap diminta berpuasa penuh. Dikasih reward juga dapat baju atau lain-lain biar semangat."

Pengenalan berpuasa penuh sejak kecil inilah yang membuat Robby berupaya hingga sekarang untuk terus menjaga dirinya bisa berpuasa dengan baik.

"Aktivitas apa pun harus puasa. Eggak tahu ya, bagi aku kalau aku enggak puasa sehari saja aku sudah kayak dosa puluhan tahun," ujarnya.

Ia kembali menambahkan bahwa perasaan tersebut muncul bukan karena ingin dianggap sok suci. Ia menyadari hal tersebut sebagai pengingat bagi dirinya sendiri.

"Aku enggak ngomongin orang. Aku ngomongin diri sendiri. Berasanya bilang, Rob elo malu deh kalau elo enggak puasa. Elo sudah tua. Pekerjaan elo juga bukan bikin bangunan, bukan tukang tembok, tukang cat, atau mengaduk semen. Pekerjaan elo cuma di depan kamera. Nah, bagi aku kalau gitu saja bikin puasa enggak penuh, sudah nista buat aku sendiri," katanya dengan tegas.

Bulan Ramadan dimaknai oleh pria bertubuh tinggi besar ini sebagai bulan penyucian diri dari dosa. Menurut dia, pada saat inilah waktunya untuk lebih mencintai lagi siapa pencipta kita dan juga belajar mencintai diri sendiri serta melakukan kebaikan mulai dari hal terkecil.

"Kalau misal gue pengen baca 33 juz dalam satu malam itu berat banget kan? Mulai melakukan dari hal kecil, kalau dulu kita sempat cynical atau sirik ke siapa saja, ya kini harus berubah."

AISHATerhangat:Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging ImporBerita lain:Melawan FPI, Tiga Orang Kendal Ditangkap PolisiJokowi: Blusukan Modalnya Jalan KakiFITRA: Gaya Blusukan Jokowi Mirip ArtisSBY Minta Polisi Tindak Tegas FPI

 

KOMENTAR

JADWAL IMSAK DKI JAKARTA

Minggu, 25 Juli 2021

Terpopuler